PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK UEP DAN SPP OLEH UPK MEKAR SARI

Jabrick 18 Desember 2019 10:54:14 WIB

TEPUS (SIDA SAMEKTA) - Indonesia dewasa ini merupakan salah satu Negara dikawasan Asean yang memiliki angka kemiskinan dan pengangguran cukup tinggi. Dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan tingginya laju pertumbuhan penduduk, baik perdesaan maupun diperkotaan. Tingginya angka kemiskinan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya rendahnya Sumberdaya manusia, tingginya angkatan kerja yang tidak seimbang dengan penyediaan lapangan kerja. Oleh sebab itu UPK Mekar sari mengadakan peningkatan kapasitas kelompok UEP (Usaha Ekonomi Produktif dan SPP (Simpan Pinjam Perempuan).

kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Balai Desa Tepus pada hari Rabu tanggal 18 Desember 2019 dengan Narasumber oleh Supardi,SP selaku Kapala Desa Tepus, W.E Isnanto (BKAD Kecamatan Tepus), Sukismiyono (Badan Pengawas UPK BKAD Kecamatan Tepus). Dan dihadiri oleh perwakilan kelompok SPP dan UEP sebanyak 50 orang.

Dalam Pembukaanya Kepala Desa Tepus menerangkan tentang kebijakan dan manfaat dana UEP dan SPP bagi masyarakat Tepus. Selanjutnya di isi oleh Narasumber lainnya. SPP merupakan simpan pinjam khusus kelompok perempuan, dan diharapakan kelompok di Kecamatan Tepus semakin meningkat dan berkembang guna meningkatkan taraf perekonomian bagi warga Kecamatan Tepus Terang bapak Isnanto.

Desa Tepus adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, yang masyarakatnya sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani. Karena bermatapencaharian sebagai petani, masyarakat Desa Tepus hanya mengandalkan lahan yang menjadi fondasi dalam kehidupannya. Apabila lahan yang diandalkan tersebut tidak mampu menghasilkan apa yang dituju oleh masyarakat, maka kehidupan perekonomian mereka dalam memenuhi kebutuhan akan terganggu.Dengan kehadiran SPP dan UEP di Kecamtan Tepus, kemampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya yang dimiliki diharapkan akan semakin baik, sehingga berpengaruh pula terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Tepus

tampilkan dalam peta lebih besar