PANTAI INDRAYANTI

12 Agustus 2019 12:57:38 WIB

Rute Perjalanan :

Yogyakarta > Jl. Wonosari (Ringroad Ketandan ) > Sampaan > Sekarsuli > Kids Fun > Pertigaan Piyungan > Bukit Bintang > Sambipitu > Bunder > Gading (lapangan terbang) > ada pertigaan belok kiri menuju kota Wonosari > Playen > Bundaran Siono > Lurus ambil arah kota Wonosari > Pemda Gunungkidul > Pasar Hargosari Wonosari > Pertigaan sebelum Polres ambil arah ke kanan menuju jalan Baron > Karang rejek > Pertigaan Mulo ambil arah kiri menuju Tepus atau Indrayanti > Bintaos > Kecamatan Tepus > Desa Tepus > Pertigaan Tepus ambil kanan menuju Pantai Indrayanti dan sekitarnya > TPR (tempat pemungutan retribusi) > Pantai Indrayanti

 

Keindahan :

            Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang menarik yang ada di Gunung Kidul. Pantai Indrayanti menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Pantai Indrayanti tidak jauh berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya, mempunyai pemandangan yang indah, pasir halus yang luas, dan laut biru lepas yang bersih.

            Pantai ini dulu bukanlah bernama Pantai Indrayanti seperti yang kita dengan sekarang. Pemerintah yang ada di daerah Gunung Kidul memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Sawal atau sering disingkat sebagai Pantai Pulsa olah warga disekitar pantai. Dulu pantai yang masih bernama Pantai Pulang Sawal ini, tidak terpikirkan untuk pembangun dan kegiatan wisata, sehingga kondisi disekeliling pantai banyak ditumbuhi tanaman pandan laut dan semak belukar oleh masyarakat setempat untuk dimanfaatkan makanan ternak.

            Dulu ada pihak swasta yang mencoba untuk mendirikan cafe dan resto di pinggir pantai tersebut yang diberi nama Indra dan Yanti sehingga disingkat “Indrayanti”. Tidak disangka lambat laun cafe dan resto ini banyak dikunjungi wisatawan, sehingga masyarakat yang ada disekitar pantai mengembangkan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan. Hanya dalam waktu singkat, nama Indrayanti meroket dan membuat pantai tersebut menjadi ramai pengunjung dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, terutama bagi Desa Tepus dan sekitarnya.

            Saat tiba di wisata pantai Indrayanti, banyak hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, tentu saja menikmati keindahan pantainya yang bersih dan menyegarkan. Anda bisa menyewa payung pantai dilengkapi dengan alas yang memadai yang berjejer di sepanjang pinggir pantai dengan tarif yang murah. Terdapat juga tebing yang dapat dinaikki oleh pengunjung dengan membayar Rp. 2000,- saja, dimana biasanya tepat ini dijadikan spot selfie dan spot foto oleh para wisatawan dengan point of view yang luar biasa. Di sebelah timur pantai, juga terdapat tebing yang bernama Batu Karang yang menyajikan pemandangan dan fasilitas yang menawan. Oleh karena itu, dibandingkan dengan pantai lain di Desa Tepus, pantai Indrayanti merupakan pantai yang paling ramai dikunjungi saat liburan

 

Fasilitas :

Pantai Indrayanti bisa dibilang adalah pantai di Desa Tepus yang memiliki  fasilitas terlengkap. Mulai dari Resto & Cafe, warung makan biasa, penginapan, toilet, dan parkiran yang luas. Harga jasa dan makanan di Pantai Indrayanti juga tidak mahal, masih sangat wajar sebagai tempat wisata yang menawarkan keindahan yang luar biasa. Pantai ini biasanya sangat ramai pengunjung ketika Weekend, dan akan sepi saat weekday.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Tepus

tampilkan dalam peta lebih besar